Ini Penyebab Mobil Boros Bensin

Produsen mobil saat ini berlomba-lomba memproduksi kendaraan yang hemat konsumsi bensin. Hal itu didukung oleh tolak ukur konsumen yang cenderung membeli mobil dengan pertimbangan hemat konsumsi bensin.

Kotornya Filter Udara


Kotornya filter udara menyebabkan terjadinya hambatan aliran udara yang kurang baik. Hal ini dapat menurunkan performa mobil kamu terutama di bagian pacu dan menimbulkan gejala ngelitik (knocking).

Ada Kerak di Ruang Mesin


Selain kebersihan filter udara, kamu juga harus mengcek kerak yang terjadi di ruang mesin yang sulit sekali untuk dihindari. Adanya kerak dapat membuat volume ruang bahan bakar menjadi lebih kecil sehingga tenaga mesin yang dihasilkan akan semakin berkurang.

Tersumbatnya Lubang Nozzle Injektor


Lubang nozzle injektor yang ada saat ini dibuat sangat kecil sehingga mudah tersumbat. Sehingga pembakaran dari bensin menjadi tidak sempurna dan dapat mengurangi efisiensi bensin mobil kamu.

Ausnya Piston dan Ring Piston


Bila piston dan ring piston terkikis maka kompresi kendaraan pasti berkurang. Sehingga berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun. Maka tarikan tenaga yang dihasilkan loyo dan bahan bakar menjadi cepat habis.

Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit




Cara mengemudi sudah pasti memengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar. Ujungnya berefek ke emisi gas buang. Untuk mencapai efisiensi bahan bakar terbaik dan minim emisi gas buang, kamu perlu coba mengaplikasikan teknik Eco Driving.

Teknik itu merupakan mengemudi dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar safety driving. Tujuan utama dari teknik ini supaya hemat bahan bakar, berkendara dengan efisien dan mengurangi polusi yang dihasilkan oleh mobil kesayangan kamu.

Ada beberapa teknik dasar berkendara agar mobil irit BBM. Yuk, simak tekniknya berikut ini.


1. Perpindahan gigi

Jangan tunggu mesin meraung saat memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi. Idealnya, mengganti perseneling dilakukan sebelum 2.000-3.000 RPM.


2. Kecepatan harus stabil

Usahakan untuk mempertahankan kecepatan secara konstan dan stabil. Biasanya, pengemudi bisa mempertahankan putaran mesin dibawah 2.000 RPM untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit. Perlu diingat juga ya, setiap mesin memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda. Mesin 1.000 cc akan berbeda dengan mesin 3.000 cc di kecepatan yang sama.


3. Smooth Driving

Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu. Kalaupun terjebak di tengah kemacetan, berkendaralah dengan lembut. Injak pedal gas dan rem secara halus. Hindari menginjak pedal gas dan rem dengan cara terburu-buru.


4. Ketika tanjakan & turunan

Kamu perlu menjaga kecepatan secara konstan dan putaran mesin tidak terlalu tinggi di kondisi jalanan menanjak dan menurun. Cara ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras saat tanjakan ataupun turunan.


So, dengan teknik berkendara dengan baik dan benar akan membuat mobil irit BBM loh. Ayo, mulai mengaplikasikan teknik Eco Driving ya.